Membangun Jalan Perubahan (2023)

Buku ini merupakan kumpulan otobiografi 16 orang perempuan perwakilan dari KPPL Maju Bersama, KPPL Karya Mandiri, KPPL Sumber Jaya, KPPL Sejahtera dan empat orang perempuan perwakilan dari Komunitas Perempuan Penyelamat Situs Warisan Dunia (KPPSWD) yang bersepakat untuk berkolaborasi membangun jalan perubahan bersama. Secara umum, buku ini terbagi dua bagian. Bagian pertama tentang latarbelakang, pengetahuan, pengalaman dan agensi mereka terkait pengelolaan hutan TNKS dan pemanfaatan hasil hutan bukan kayu di hutan TNKS untuk pangan, dan bagian kedua tentang jalan perubahan bersama yang mereka bangun.

(Dedek Hendry dalam “Hutan, Pangan, Hak Perempuan dan Otobiografi: Sebuah Pengantar Editor”)

Terlepas dari kekurangan yang ditemui, kesediaan mereka untuk menghadirkan buku ini sangat pantas untuk diapresiasi setinggi-tingginya. Selain akan memberi manfaat bagi diri mereka sendiri, buku ini juga diharapkan akan memberikan manfaat bagi perempuan lain dan kalangan luas. “Otobiografi adalah bentuk kesaksian yang ‘berarti bagi yang lain’,” ungkap Bose (2021). Sementara itu, Smith dan Watson (1998) mengemukakan, status otobiografi telah berubah secara dramatis, baik di dalam maupun di luar akademi. “Otobiografi perempuan sekarang menjadi situs istimewa untuk memikirkan isu-isu penulisan di persimpangan teori kritis feminis, pascakolonial, dan pascamodern.” Begitu pula dikemukakan oleh Valley dalam Huddart (2008), “Setiap otobiografi adalah fragmen dari sebuah teori.”

(Dedek Hendry dalam “Hutan, Pangan, Hak Perempuan dan Otobiografi: Sebuah Pengantar Editor”)

_
Membangun Jalan Perubahan:
Kumpulan Otobiografi Perempuan Pelestari Hutan Larangan
© Walestra dan LivE

Cetakan pertama, 14 Maret 2023

Penulis:
Rita Wati, Purwani, Kayum, Feni Oktaviana, Eva Susanti,
Nurlela Wati, Julian Novianti, Marta Ningsih Hariyani, Donsri,
Sujirah, Meliani, Rohima, Roisa, Mulyani, Rusmawati, Sugini, Wahyuni Saputri,
Rika Nofrianti, Rike Vevri Dwiyani, dan Ella Deskomariatno

Editor:
Dedek Hendry

Fotografer:
Muhammad Ikhsan

Desainer sampul & layouter:
Nai Rinaket

Perkumpulan Wahana Pelestarian dan Advokasi Hutan Sumatera (Walestra)
Perkumpulan Lembaga Kajian, Advokasi dan Edukasi (LivE)

Penerbit
HATOPMA

© 2024 by Nai Rinaket. No part of this website may be reproduced or distributed without prior written permission from the copyright owner.